Cara Upload PDF di Blog Supaya bisa di-download

Pada postingan kali ini, saya akan memberikan informasi salah satu cara memasang (embed) dokumen berbentuk PDF pada blog atau website kita melalui google docs. Google docs merupakan media penyimpanan berbagai dokumen kita yang dapat dilihat secara langsung secara online tanpa mendownloadnya terlebih dahulu. Berikut cara memasang dokumen google drive pada blog atau website.

Langkah 1 : Upload file ke google docs
1. Silahkan login ke http://docs.google.com dengan account gmail Anda.

2. Klik Tombol Buka Pemilih File yang berada di sebelah kanan tengah layar monitor.

3. Klik tombol Upload maka akan muncul tampilan menu Buka Pemilih File.

4. Selanjutnya klik Pilih File dari komputer Anda atau geser file yang ingin diupload ke layar komputer. File yang Anda upload bisa berupa pdf, word, excel, maupun powerpoint.

5. Tunggu beberapa saat sampai file Anda terupload semuanya (tergantung dari besarnya file serta kecepatan koneksi Anda).

6. Jika sudah terupload, Anda bisa mengeditnya jika mau, yaitu dengan mengklik dokumen yang terupload pada menu My Drive.

7. Kemudian untuk membagikan pilih Bagikan pada menu tindakan lainnya.

8. Maka muncul tampilan Bagikan dengan orang lain. Klik tombol Dapatkan tautan yang bisa dibagikan. Kemudian klik tombol Salin tautan.

9. Untuk menyimpan kode tautan bisa di notepad atau MS Word.


Langkah 2 : Posting kode google docs ke blogger
1. Silahkan login ke blogger dengan ID Anda.

2. Klik Entri Baru untuk membuat postingan baru. Silahkan Anda buat postingan yang diinginkan.

3. Ketika Anda mau menyisipkan kode yang dicopy dari google docs, tulis kata yang Anda inginkan sebagai tombol yang akan diklik, contoh kata "Permendikbud_Tahun2016_Nomor024_Lampiran14" pada postingan dan block serta copy. Selanjutnya klik menu link di menu bar.

4. Akan muncul tampilan Edit Link. Salinkan kata "Permendikbud_Tahun2016_Nomor024_Lampiran14" pada kolom Text to display. Dan kemudian salinkan kode tauatan dari google doc yang disimpan di notepad atau MS Word pada kolom To what URL should this link go?. Kemudian centang Open this link in a new window untuk membuka file yang didownload pada halaman tab baru. Dan terakhir klik Ok.

5. Klik tombol publikasikan. Selanjutnya silahkan lihat hasilnya di blog Anda.

6. Selesai.

Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat ^^

Komentar